Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Moestopo Gelar Pengangkatan Sumpah 31 Dokter Gigi Baru

0

 

Karya Jurnalis| Jakarta-Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) konsisten melahirkan dokter-dokter gigi yang akan melayani masyarakat Indonesia. Terakhir, Fakultas ini  mengangkat sumpah 31 dokter gigi baru.

Pengangkatan sumpah 31 dokter gigi baru ini membuat Dekan FKG Universitas Moestopo, Prof. Dr. drg. Burhanuddin Daeng Pasiga, M.Kes., merasa lega dan bangga. Lantaran dari 34 orang yang mengikuti ujian, 91,2 persen diantaranya lulus ujian teori.

“Dan yang lulus ujian praktek mencapai 100 persen. Ini merupakan prestasi yang tidak mudah dan patut dibanggakan,” cetus Prof. Burhanuddin di Sheraton Grand Jakarta Hotel, Gandaria City, Senin, 5 September 2022.

Ditambah, dari 31 orang dokter gigi baru itu, 87 persen memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,5. Bahkan 13 persen lain berhasil mencapai status cumlaude.

Menurut Prof. Burhanuddin, pencapaian ini menjadi bukti kualitas pembelajaran di FKG Universitas Moestopo yang sudah memiliki Akreditasi A dan disokong oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) dengan Akreditasi Paripurna yang akan segera naik statusnya menjadi RSGM Pendidikan.

Rektor Universitas Moestopo, Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M.M., M.Si., juga menyambut baik pencapaian para dokter gigi baru ini. Prof. Paiman berharap prestasi tersebut bisa berlanjut ketika mengabdi kepada masyarakat.

“Saya berpesan, bekerjalah secara profesional, jujur, dan mengedepankan moralitas,” lugas Prof. Paiman.

Lanjutnya,”Meskipun prestasi sudah dicetak, Kami (Universitas Moestopo-red) tak akan berhenti meningkatkan kualitas pendidikan. Kampus ini akan terus meningkatkan kualitas serta sarana dan prasarana karena Universitas Moestopo tengah dipersiapkan untuk meraih Akreditasi Internasional sehingga bisa menjadi World Class University yang mampu bersaing di tingkat global,” tegas Prof. Paiman.

Mendengar hal tersebut, perwakilan orang tua dokter gigi, drg. Harry Noersasih Soemawinata pun merasa bangga bisa menitipkan anaknya untuk menempuh pendidikan berkualitas di FKG Universitas Moestopo.

“Kami mengucapkan terima kasih dan merasa sangat bangga atas pencapaian para dokter gigi baru ini,” kata drg. Harry.

Dikesempatan itu pula, drg. Natasha Hana Putri, S.KG yang menjadi perwakilan mahasiswa juga mengucapkan terima kasih pada jajaran tenaga pendidik di FKG Universitas Moestopo serta para orang tua yang sudah mendukung.

“Semoga kita semua dapat selalu menjaga nama baik, dan ilmu yang kita dapat bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

FKG Universitas Moestopo sendiri merupakan salah satu lembaga pendidikan bergengsi di Indonesia. Semenjak berdiri pada 15 Februari 1961, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) sudah menghasilkan lebih dari 4.000 dokter dokter gigi.

Hal ini menjadi catatan penting berupa prestasi yang mengagumkan. Karena saat ini, menurut Ketua Pengurus Yayasan UPDM Drs. Hartono Laras, M.Si., tercatat ada 44.471 dokter gigi dengan dominasi dokter gigi umum dan jumlah dokter gigi spesialis kurang dari 10 persennya.

Bahkan tercatat 40 persen Puskesmas di Indonesia tidak memiliki dokter gigi. Padahal Indonesia dengan wilayah geografis yang luas membutuhkan lebih banyak dokter gigi. Melihat hal tersebut, FKG Universitas Moestopo selain fokus untuk menghasilkan dokter gigi umum, juga berusaha melahirkan dokter-dokter gigi spesialis.

Drs.Hartono menyampaikan,”Ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi FKG Universitas Moestopo. Karena pada akhirnya target kami adalah untuk mendukung pemerintah meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan,”tandasnya.

“Kami berharap bisa terus beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga kualitas pendidikan di Universitas Moestopo bukan hanya bisa dijaga, tapi juga ditingkatkan terus. Hal ini sesuai dengan semangat pendiri universitas, Prof. Dr. Moestopo yang ingin terus memberi sumbangsih pada upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” jelas Drs. Hartono Laras, M.Si.

(ardhi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.