Anggota DPD RI bersama Ranger berkolaborasi PMI DKI Jakarta Menggelar Donor Darah di Jakarta Barat

0

Karya jurnalis, Jakarta | – Dalam rangka Milad Bang Japar ke-5 Tahun, Anggota DPD RI & MPR RI, Fahira Idris bersama Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Bakti Sosial Donor Darah Untuk Negeri mengusung tema “Setetes Darahmu Selamatkan Sejuta Jiwa” di Kantor Kecamatan Palmerah Jakarta, Sabtu (22/10).

“Road show bakti sosial donor darah kali ini sudah menyasar ke tingkat kecamatan. Kalau dulu awalnya di tingkat wilayah (walikota) kalau sekarang kita sudah menyasar ke kecamatan,” kata Anggota DPD RI yang juga Senator DKI Jakarta Fahira Idris kepada wartawan Surat Kabar Duta Nusantara Merdeka di Jakarta, Sabtu (22/10).

Menurut Fahira, mudah-mudahan per 2 bulan kita mengadakan donor darah ini bisa selesai di 44 kecamatan. Nanti kalau 44 kecamatan sudah selesai baru kita turun ke tingkat kelurahan.

“Di Jakarta ada 270 kelurahan. Insyaallah pengennya semuanya sehat dan melaksanakan kegiatan donor darah. Karena PMI sangat membutuhkan donor darah, per harinya itu butuh sekitar 1000 sampai 1200 kantong darah. Jadi saya sudah buat MOU untuk membantu PMI,” ujarnya.

Secara umum, Fahira menuturkan, Kalau tingkat wilayah target kita sampai 500 kantong darah, karena kantor walikotanya besar kalau kecamatan targetnya 250 kantong darah, dan ini adalah donor darah yang ke-10.

Selain itu, lanjut Fahira, Kami mengajak masyarakat sekitar agar bisa berbagi kebaikan membantu sesama yang sedang membutuhkan. Bagi para pendonor, pihaknya juga menyediakan Kupon bisa ditukarkan Goody Bag Gratis: Sembako, Piagam Penghargaan Pahlawan Darah Indonesia, Paket Handsanitizer 60 ml, Masker 3 Lapis, Snack Box + Minuman yang sudah disiapkan untuk bisa di bawa pulang.

Harapannya, Kita bukan hanya menolong orang, sebab satu kantong darah bisa menolong tiga orang, tetapi itu juga menyehatkan tubuhnya kita sendiri, jadi kita menyehatkan orang, sekaligus menyehatkan diri sendiri, jadi targetnya bisa jadi budaya, semua ormas bisa mengadakan, jadi semakin banyak darah yang tersedia untuk warga DKI Jakarta.

Dikesempatan yang sama, Ketua Relawan Antar Generasi (Ranger) Jakarta Iswadi mengatakan, kegiatan donor darah kali ini diikuti oleh ratusan pendonor merupakan sumbangan yang luar biasa bagi masyarakat yang sedang membutuhkan darah.

“Kegiatan seperti ini jika dilakukan secara konsisten maka kebutuhan darah akan terjamin. Bagi pendonor juga akan lebih sehat lagi. Oleh karena itu mari kita berpartisipasi mendonorkan darah untuk membantu sesama,”pungkasnya dengan penuh senyuman kebaikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.