Mau Tau Gelar Apa Yang Didapati Ketua DPD RI di Sultra..?

Karyajurnalis – Baubau

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dianugerahi gelar kehormatan adat dan budaya Mia Ogena Yi Saragau, oleh Sultan Buton ke-40, Paduka yang Mulia Dr. La Ode Muhammad Izzat Mana’arfa, di Baruga Keraton Buton, Kota Buton, Kamis (17/6/2021).

LaNyalla datang ke Baruga Keraton Buton usai ziarah ke Makam Sultan Murhum, disambut dengan Tari Galangi. Tarian ini memiliki makna penyambutan untuk pejuang yang baru pulang dari perang.

Menurut Kapitalao Matana Eyo Panglima Perang Bagian Timur, La Ode Muh. Arsal yang membacakan penganugerahan gelar adat, gelar Mia Ogena Yi Saragau yang diberikan untuk LaNyalla mempunyai beberapa makna.

“Mia Ogena memiliki makna ungkapan bagi seorang pejabat atau pemimpin yang memiliki kemampuannya profesional, pandangan jauh ke depan (visioner), kharismatik, pengayom serta sanggup mewujudkan tujuan yang telah dicita-citakan.” kata Kapitalao

Sedangkan Yi Saragau, bermakna dewan atau lembaga yang mempunyai wewenang dalam mengajukan, membahas, memberi pertimbangan atas usul rancangan undang-undang dan pengawasan jalannya undang-undang, serta mengakomodir aspirasi masyarakat untuk kepentingan daerah.

Dengan gelar tersebut, LaNyalla dinobatkan sebagai kerabat Kesultanan Buton, diharapkan tetap menjaga marwah Kesultanan Buton.

Pemberian mahkota empat persegi,  jubah kebesaran, sarung bermotif kotak dengan benang keemasan Dan keris sebagai lambang membela negeri

Dalam prosesi penganugerahan gelar, LaNyalla dipakaikan sarung bermotif kotak dengan benang keemasan. Kemudian, dikenakan jubah kebesaran, mahkota empat persegi dan keris yang bermakna sebagai senjata dalam membela negeri.

Sementara Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi turut mendampingi LaNyalla diberi gelar Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara, Wagub Sultra Lukman Abunawas dianugerahi gelar Mia Ogena Sulewata Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara dan Dra Yani WSS Kuswodidjoyo (Sekjen MAKN) diberi gelar Waoti Momalambu Yi Saya Adhati.

LaNyalla menyampaikan, rasa terima kasih atas penganugerahan gelar kehormatan dari Kesultanan Buton.

“Ini sebuah kehormatan bagi saya secara pribadi, maupun sebagai pimpinan DPD. Saya merasa bangga bisa diterima menjadi kerabat Kesultanan Buton.” ungkap LaNyalla usai mendapatkan penganugerahan

LaNyalla berjanji, siap menyerap aspirasi dari kerajaan dan kesultanan Nusantara, termasuk Kesultanan Buton. Ketua DPD RI berkomitmen, mengembalikan kejayaan kerajaan dan kesultanan Nusantara.

Ketua DPD RI,  LaNyalla Mattalitti saat dipasangkan sabuk,  selempang Dan pin kerajaan nusantara oleh Gubernur Sulawesi Tenggara

Pemberian salempang dan Pin lembaga adat Kerajaan Nusantara dari Gubernur Sultra kepada Ketua DPD RI turut melengkapi proses acara penganugerahan tersebut. Sedangkan, yang tak kalah pentingnya prosesi pekande-kandea atau pesta rakyat dengan makan bersama sebagai penutup rangkaian acara.**

(Michael)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *